SwingMakeOver merupakan teknik memanipulasi tampilan User Interfaces (Java Swing). Teknik ini dilakukan dengan menggunakan penggambaran agar tampilan komponen-komponen Java Swing seperti TextField, Button dan lain-lain menjadi lebih cantik kelihatannya. Pada Video Tutorial ini saya menjelaskan cara memanipulasi tampilan dari mulai komponen sederhana seperti JButton, JTextField, sampai komponen-komponen kompleks seperti JTable, JList dan JTree. Salah satu contoh hasil dari teknik SwingMakeOver ini adalah, aplikasi yang pernah saya buat, yaitu eMovieRental, eBookLibrary dan ePhoneBook.
- Buat project nya terlebih dahulu
- Agar pengelompokannya enak, kita buat 2 package untuk menyimpan gambar dan panel2 yang kita gunakan. Misal package gambar dan widget.
3. Sekarang buat PanelGambar.java di package widget.
4. Dan copy paste gambar Tentang.jpg ke package gambar.
5. Pada PanelGambar.java, kalian bisa meng-copypaste source code ini langsung.
package pelatihanitcke3.widget;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.Image;
import javax.swing.ImageIcon;
import javax.swing.JPanel;
public class PanelGambar extends JPanel {
Image img;
public PanelGambar() {
img = new
ImageIcon(getClass().getResource("/pelatihanitcke3/gambar/Tentang.jpg")).getImage();
}
protected void paintComponent(Graphics g) {
super.paintComponent(g);
Graphics2D gd = (Graphics2D) g.create();
gd.drawImage(img, 0, 0, getWidth(), getHeight(), this);
gd.dispose();
}
}
Untuk algoritma nya, yaitu pertama kita mengambil gambar dengan dengan class ImageIcon dan kita masukkan value nya ke class Image. Kemudian kita inisialisasi methode paintComponet dimana untuk memanggil methode drawImage, kita harus membuat objek terlebih dahulu dari class Graphics2D yang di inisialisasi dari methode create() pada class Graphics. Nah, objek dari class Image yang berisi gambar yang kita panggil, kita letakkan di parameter methode drawImage seperti diatas, dan kita set ukurannya agar menyesuaikan dengan menggunakan memanggilnya dari methode getWidth() dan methode getHeight(). Terakhir, panggil methode dispose() nya.
Setelah itu, compile dulu PanelGambar.java, kemudian klik tombol Clean and Build
Setelah build succesfull, langkah selanjutnya adalah tinggal memanggilnya ke Frame. Pada langkah ini tidak ada ketentuan khusus, kalian bisa memanggilnya di Frame buatan sendiri, atau Frame Drag and Drop yang disediakan Netbeans. Untuk Frame Drag and Drop, kalian tinggal menge-drag-nya dari package widget.
Selamat Mencoba :)
Sumber : http://timordotx.blogspot.com/2011/04/swing-make-over-panel-gambar.html
http://eecchhoo.wordpress.com/tag/java-swing-make-over/
0 komentar:
Posting Komentar