Rabu, 27 Juli 2011

why attitude is everything?

ATTITUDE : 
Dengan Sikap kita lah yang Mentukan Segalanya

Semakin lama saya hidup, semakin saya sadar
Akan pengaruh sikap dalam kehidupan
Sikap lebih penting daripada ilmu,
daripada uang, daripada kesempatan,
daripada kegagalan, daripada keberhasilan,
daripada apapun yang mungkin dikatakan
atau dilakukan seseorang.
Sikap lebih penting
daripada penampilan, karunia, atau keahlian.
Hal yang paling menakjubkan adalah
Kita memiliki pilihan untuk menghasilkan
sikap yang kita miliki pada hari itu.
Kita tidak dapat mengubah masa lalu
Kita tidak dapat mengubah tingkah laku orang
Kita tidak dapat mengubah apa yang pasti terjadi
Satu hal yang dapat kita ubah
adalah satu hal yang dapat kita kontrol,
dan itu adalah sikap kita.
Saya semakin yakin bahwa hidup adalah
10 persen dari apa yang sebenarnya terjadi pada diri kita,
dan 90 persen adalah bagaimana sikap kita menghadapinya.

SEGALA HAL TENTANG ATTITUDE

Sikap adalah membangun hipotetis yang mewakili gelar individu dari suka atau tidak suka untuk sesuatu. Sikap umumnya pandangan positif atau negatif dari seseorang, tempat, benda, atau peristiwa-ini sering disebut sebagai objek sikap. Orang juga dapat berkonflik atau ambivalen terhadap suatu objek, yang berarti bahwa mereka secara bersamaan memiliki kedua sikap positif dan negatif terhadap item dalam pertanyaan.

Sikap adalah penilaian. Mereka mengembangkan pada model ABC (mempengaruhi, perilaku, dan kognisi). Respon afektif adalah respon emosional yang mengungkapkan gelar individu pilihan bagi entitas. Tujuan perilaku adalah indikasi verbal atau kecenderungan perilaku khas individu. Respon kognitif adalah evaluasi kognitif entitas yang merupakan keyakinan individu tentang sikap object.Most adalah hasil dari baik pengalaman langsung atau belajar observasional dari lingkungan.

Pembentukan Sikap



Tidak seperti kepribadian, sikap diharapkan untuk perubahan sebagai fungsi pengalaman. Tesser (1993) berpendapat bahwa variabel turun-temurun dapat mempengaruhi sikap - tetapi percaya bahwa mereka dapat melakukannya secara tidak langsung. Misalnya, konsistensi teori, yang menyiratkan bahwa kita harus konsisten dalam keyakinan dan nilai-nilai. Contoh yang paling terkenal seperti sebuah teori adalah teori Disonansi pengurangan, terkait dengan Leon Festinger, meskipun ada orang lain, seperti teori keseimbangan.

Perubahan sikap
Sikap dapat diubah melalui persuasi dan kita harus memahami perubahan sikap sebagai respon terhadap komunikasi. Penelitian eksperimental ke faktor-faktor yang dapat mempengaruhi persuasif dari pesan termasuk:
Sasaran Karakteristik: Ini adalah karakteristik yang mengacu pada orang yang menerima dan memproses pesan. Salah satu sifat tersebut adalah intelijen - tampaknya bahwa lebih banyak orang cerdas yang kurang mudah dibujuk oleh satu-sisi pesan. Variabel lain yang telah dipelajari dalam kategori ini adalah harga diri. Meskipun kadang-kadang berpikir bahwa mereka lebih tinggi di harga diri kurang mudah dibujuk, ada beberapa bukti bahwa hubungan antara harga diri dan persuasibility sebenarnya lengkung, dengan orang-orang moderat harga diri yang lebih mudah dibujuk dibandingkan baik yang tinggi dan rendah diri tingkat (Rhodes & Woods, 1992). Kerangka pikiran dan suasana hati dari target juga memainkan peran dalam proses ini.
Sumber Karakteristik: Karakteristik sumber utama adalah keahlian, kepercayaan dan daya tarik interpersonal atau daya tarik. Kredibilitas pesan dianggap telah ditemukan menjadi variabel kunci di sini, jika kita membaca laporan tentang kesehatan dan percaya itu berasal dari sebuah jurnal medis profesional, satu mungkin lebih mudah dibujuk dibandingkan jika seseorang percaya itu dari surat kabar populer. Beberapa psikolog telah memperdebatkan apakah ini adalah efek jangka panjang dan Hovland dan Weiss (1951) menemukan efek dari memberitahu orang-orang bahwa pesan datang dari sumber yang dapat dipercaya menghilang setelah beberapa minggu (yang disebut "efek tidur"). Apakah ada efek tidur adalah kontroversial. Kebijaksanaan yang dirasakan adalah bahwa jika orang diberi informasi sumber pesan sebelum sidang itu, ada kemungkinan kurang dari efek tidur daripada jika mereka diberitahu pesan dan kemudian memberitahu sumbernya.
Pesan Karakteristik: Sifat dari pesan memainkan peran dalam persuasi. Kadang-kadang menyajikan kedua sisi dari sebuah cerita berguna untuk membantu mengubah sikap.

Rute kognitif: Sebuah pesan dapat mengajukan banding untuk evaluasi kognitif individu untuk membantu mengubah sikap. Dalam rute pusat persuasi individu disajikan dengan data dan termotivasi untuk mengevaluasi data dan tiba pada sikap mengubah kesimpulan. Dalam rute perifer untuk mengubah sikap, individu didorong untuk tidak melihat isi tapi pada sumbernya. Ini biasanya terlihat pada iklan modern yang fitur selebriti. Dalam beberapa kasus, dokter, dokter atau ahli yang digunakan. Dalam kasus lain bintang film yang digunakan untuk daya tarik mereka.
Emosi dan Sikap Perubahan

Emosi adalah komponen umum dalam persuasi, pengaruh sosial, dan perubahan sikap. Banyak penelitian sikap menekankan pentingnya komponen afektif atau emosi. Emosi karya tangan-di-tangan dengan proses kognitif, atau cara kita berpikir, tentang suatu masalah atau situasi. Banding emosional biasanya ditemukan dalam iklan, kampanye kesehatan dan pesan politik. Contoh terbaru termasuk kampanye kesehatan tidak merokok-dan iklan kampanye politik yang menekankan rasa takut terorisme. Sikap dan obyek-obyek sikap adalah fungsi dari komponen kognitif, afektif dan konatif. Sikap adalah bagian dari jaringan asosiatif otak, laba-laba-seperti struktur yang berada dalam memori jangka panjang yang terdiri dari node afektif dan kognitif.

Dengan mengaktifkan sebuah afektif atau node emosi, perubahan sikap mungkin, meskipun komponen afektif dan kognitif cenderung saling terkait. Dalam jaringan terutama afektif, lebih sulit untuk menghasilkan kontra kognitif dalam resistensi terhadap persuasi dan perubahan sikap.

Peramalan afektif, atau dikenal sebagai intuisi atau prediksi emosi, juga dampak perubahan sikap. Penelitian menunjukkan bahwa memprediksi emosi merupakan komponen penting dari pengambilan keputusan, di samping proses kognitif. Bagaimana kita merasa tentang suatu hasil dapat mengesampingkan alasan-alasan murni kognitif.

Dalam hal metodologi penelitian, tantangan bagi para peneliti adalah mengukur emosi dan dampak berikutnya pada sikap. Karena kita tidak bisa melihat ke dalam otak, berbagai model dan alat-alat pengukuran telah dibangun untuk mendapatkan informasi emosi dan sikap. Tindakan mungkin termasuk penggunaan isyarat fisiologis seperti ekspresi wajah, perubahan vokal, dan langkah-langkah tubuh lainnya tingkat. Misalnya, rasa takut berhubungan dengan alis terangkat, peningkatan denyut jantung dan meningkatkan ketegangan tubuh (Dillard, 1994). Metode lain termasuk konsep atau pemetaan jaringan, dan menggunakan bilangan prima atau isyarat kata.
Komponen Emosi Banding

Setiap emosi diskrit dapat digunakan dalam daya tarik persuasif, ini mungkin termasuk iri hati, jijik, marah, takut, biru, terganggu, angker, dan kemarahan. Ketakutan adalah salah satu daya tarik emosional yang paling banyak dipelajari dalam komunikasi dan penelitian pengaruh sosial.

Konsekuensi penting banding banding rasa takut dan emosi yang lain termasuk kemungkinan reaktansi yang dapat menyebabkan penolakan baik pesan atau penolakan sumber dan tidak adanya perubahan sikap. Sebagai EPPM menunjukkan, ada tingkat emosi optimal dalam memotivasi perubahan sikap. Jika tidak ada motivasi yang cukup, sikap tidak akan berubah, jika daya tarik emosional berlebihan, motivasi dapat lumpuh sehingga mencegah perubahan sikap.

Emosi dianggap sebagai ancaman negatif atau yang mengandung sering dipelajari lebih dari emosi positif yang dirasakan seperti humor. Meskipun dalam-kerja humor tidak disepakati, banding humor dapat bekerja dengan menciptakan keganjilan dalam pikiran. Penelitian terbaru telah melihat dampak dari humor pada pengolahan pesan politik. Sementara bukti yang tidak meyakinkan, tampaknya ada potensi untuk mengubah sikap yang ditargetkan adalah penerima pesan dengan keterlibatan rendah politik.

Faktor penting yang mempengaruhi dampak banding emosi meliputi self efficacy, aksesibilitas sikap, keterlibatan masalah, dan pesan / sumber fitur. Self efficacy adalah persepsi lembaga sendiri manusia satu, dalam kata lain, itu adalah persepsi kemampuan kita sendiri untuk menghadapi situasi. Ini adalah variabel penting dalam pesan banding emosi karena menentukan kemampuan seseorang untuk menangani dengan baik emosi dan situasi. Sebagai contoh, jika seseorang tidak berkhasiat diri tentang kemampuan mereka untuk dampak lingkungan global, mereka tidak mungkin untuk mengubah sikap atau perilaku mereka tentang pemanasan global.

Dillard (1994) menunjukkan bahwa pesan fitur seperti sumber non-verbal, isi pesan, dan perbedaan penerima dapat berdampak dampak emosi banding ketakutan. Karakteristik pesan yang penting karena satu pesan dapat menimbulkan berbagai tingkat emosi untuk orang yang berbeda. Jadi, dalam hal pesan emosi banding, satu ukuran tidak cocok untuk semua.

Sikap aksesibilitas mengacu pada aktivasi sikap dari memori dengan kata lain, bagaimana tersedia adalah sikap tentang objek, masalah, atau situasi. Keterlibatan masalah adalah relevansi dan arti-penting dari sebuah isu atau situasi untuk individu. Keterlibatan masalah telah berkorelasi dengan sikap baik akses dan kekuatan sikap. Studi terdahulu menyimpulkan sikap diakses lebih resisten terhadap perubahan
Implisit dan eksplisit sikap

Ada juga penelitian yang cukup besar pada sikap implisit, yang umumnya diakui atau di luar kesadaran, tetapi memiliki efek yang diukur melalui metode yang canggih menggunakan waktu respon orang terhadap rangsangan. Sikap implisit dan eksplisit tampaknya mempengaruhi perilaku masyarakat, meskipun dalam cara yang berbeda. Mereka cenderung tidak sangat terkait satu sama lain, meskipun dalam beberapa kasus mereka. Hubungan antara mereka adalah kurang dipahami.
Jung Definisi

Sikap adalah salah satu dari 57 Jung definisi dalam Bab XI Jenis psikologis. Definisi Jung sikap adalah "kesiapan dari psike untuk bertindak atau bereaksi dengan cara tertentu" (Jung, [1921] 1971:. Par 687). Sikap sangat sering datang berpasangan, satu sadar dan alam bawah sadar lainnya. Dalam definisi yang luas Jung mendefinisikan beberapa sikap.

Para dualitas sikap utama (tetapi tidak hanya) bahwa Jung mendefinisikan adalah sebagai berikut.
Kesadaran dan ketidaksadaran. "Kehadiran dari dua sikap sangat sering, salah satu sadar dan alam bawah sadar lainnya Ini berarti kesadaran yang memiliki konstelasi isi yang berbeda dari yang dari bawah sadar, sebuah dualitas terutama jelas dalam neurosis." (Jung, [1921] 1971: par. 687).
Extraversion dan introver. Pasangan ini sangat dasar untuk teori Jung dari jenis yang dia label mereka "sikap-jenis".
Sikap rasional dan irasional. "Saya membayangkan alasan sebagai sikap" (Jung, [1921] 1971:. Par 785).
Sikap rasional membagi ke dalam fungsi psikologis pikiran dan perasaan, masing-masing dengan sikap.
Sikap rasional membagi ke dalam penginderaan dan fungsi intuisi psikologis, masing-masing dengan sikap. "Ada demikian pemikiran yang khas, perasaan, sensasi, dan sikap intuitif" (Jung, [1921] 1971:. Par 691).
Sikap individu dan sosial. Banyak yang terakhir adalah "isme".

Selain itu, Jung membahas sikap abstrak. "Ketika saya mengambil sikap abstrak ..." (Jung, [1921] 1971:. Par 679). Abstraksi kontras dengan concretism. "CONCRETISM. Dengan ini saya berarti keganjilan dari pemikiran dan perasaan yang merupakan antitesis dari abstraksi "(Jung, [1921] 1971:. Par 696). Sebagai contoh: "Aku benci sikapnya karena sinis."
MBTI definisi

The write-up MBTI membatasi penggunaan "sikap" ke introversi extraversion-(EI) dan menilai-memahami (JP) indeks.
Indeks JP kadang-kadang disebut sebagai orientasi ke dunia luar dan kadang-kadang JP diklasifikasikan sebagai "sikap." Dalam terminologi Jung sikap istilah dibatasi untuk EI. Dalam terminologi sikap MBTI dapat mencakup EI dan juga JP. (Myers, 1985:293 catatan 7).

Para MBTI atas Pedoman negara pemerintah, dibatasi untuk EI, "secara langsung bertentangan dengan pernyataan Jung diatas bahwa ada" pemikiran yang khas, perasaan, sensasi, dan sikap intuitif "dan dengan menggunakan yang lain dari istilah" sikap ". Terlepas dari apakah penyederhanaan MBTI (atau penyederhanaan) Jung dapat dikaitkan dengan Myers, Hadiah Perbedaan hanya mengacu pada "preferensi EI", secara konsisten menghindari label "sikap" Mengenai indeks JP,. di Gifts Berbeda Myers tidak menggunakan istilah "para Sikap tanggap dan sikap menghakimi "(Myers, 1980:8). Indeks JP sesuai dengan sikap irasional dan rasional Jung menjelaskan, kecuali bahwa MBTI berfokus pada orientasi disukai di dunia luar dalam rangka untuk mengidentifikasi hirarki fungsi. Untuk konsisten dengan Jung, dapat dicatat bahwa preferensi extraverted rasional disertai dengan preferensi introvert irasional.

ATTITUDE IS EVERYTHING

Attitude is a little thing, but can make big differences. – Sikap adalah suatu hal kecil, tetapi dapat menciptakan perbedaan yang besar.

Sikap berperan sangat penting terhadap kesuksesan atau kebahagiaan seseorang. Sejumlah ilmuwan dari universitas terkemuka di duniamengungkapkan bahwa manusia dapat menggali potensinya secara lebihmendalam dan luas dengan sikap yang positif. Berdasarkan hasil penelitianterhadap ribuan orang-orang yang sukses dan terpelajar, berhasildisimpulkan bahwa 85% kesuksesan dari tiap-tiap individu dipengaruhi oleh sikap. Sedangkan kemampuan atau technical expertise hanya berperan pada
15% sisanya.


Sikap mempunyai peran yang lebih besar di bidang bisnis jasa maupun bisnis pemasaran jaringan. Sikap berperan pada 99%, jauh lebih besar dibandingkan peran keahlian yang hanya 1%. Dapat dikatakan bahwa mencapai sukses di bisnis jasa maupun bisnis pemasaran jaringan sangatlah gampang, selama
dilakukan dengan sikap yang positif. Ada sebuah kata-kata bijak yang menyebutkan, “Your attitude not aptitude determine your altitude – Sikap Anda bukanlah bakat atau kecerdasan, tetapi menentukan tingkat kesuksesan Anda.”

Pengaruh Kekuatan Spiritual, Impian dan Antusiasme Terhadap Sikap Seseorang Sikap positif dapat terus ditingkatkan, tentu saja memerlukan waktu cukup lama dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor spiritual atau kemampuan untuk bersyukur, aspirasi atau kemampuan menciptakan impian dan kekuatan atau semangat dalam diri manusia itu sendiri sangat mempengaruhi sikap seseorang. Faktor-faktor tersebut memberikan kontrol terhadap sikap seseorang dalam memilih respon terbaik atas kejadian-kejadian yang dialami.

Kekuatan spiritual berpegaruh terhadap kemampuan seseorang dalam melihat sisi positif dari setiap kejadian. Kekuatan keimanan menjadikan seseorang akan mampu mengartikan semua fenomena hidup ini sebagai pelajaran berharga, yang dapat membangkitkan nilai lebih dalam diri. Contohnya saja Helen Keller, meskipun kehilangan fungsi indra pendengaran dan penglihatan sejak usia 19 bulan, ia masih selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Aku berterima kasih kepada Tuhan atas segala cacatku. Karena cacat yang kuderita, aku berhasil menemukan diriku sendiri, pekerjaanku dan Tuhanku,” kata sarjana lulusan Harvard University di Amerika itu. Dengan kekuatan keimanan ia dapat melakukan fungsinya sebagai umat manusia secara optimal, yakni sebagai seorang penulis karya sastra dan guru bagi orang-orang buta dan tuli.

Selain itu, kekuatan spiritual merupakan kontrol yang sangat efisien terhadap sikap seseorang. Sehingga orang itu tetap memiliki tekad yang kuat untuk berusaha dengan cara-cara yang positif tanpa kenal putus asa. Kekuatan spiritual mengarahkan sikap seseorang dan pikirannya kepada hal-hal yang positif, tidak dihantui oleh rasa tidak percaya diri, malas, dan sikap negatif lainnya.

Sikap juga dipengaruhi impian. Seseorang yang selalu dapat memperbarui
impian akan cenderung bersikap berani, rajin, percaya diri atau bersikap
lebih positif. Impian yang besar akan menjadikan seseorang berusaha
mengadaptasikan sikap mereka menjadi penuh tenggang rasa, jujur, hormat,
tegas, insiatif, berjiwa besar dan lain sebagainya. Orang yang mempunyai
impian akan selalu dapat mengendalikan sikap dengan pikirannya.

Oleh sebab itu, letakkan satu standar yang lebih tinggi, sehingga potensi
diri kita dapat ditingkatkan. William Faulkner, seorang novelis peraih
hadiah nobel, mengatakan, “Impikan dan bidiklah selalu lebih tinggi
daripada yang Anda sanggupi. Janganlah hanya bercita-cita lebih baik
daripada pendahulu atau sesama Anda. Cobalah menjadi lebih baik daripada
diri sendiri.” Artinya, kita senantiasa memerlukan impian sebagai kontrol
terhadap sikap dan mencapai kemajuan hidup yang berarti.

Selain impian, ada satu hal yang penting disini yaitu antusiasme. Kata itu
berasal dari bahasa Yunani, yaitu en theos artinya God in you – Tuhan
bersamamu. Disaat kita sedang bersemangat, pada saat itulah Tuhan
senantiasa mendampingi kita. Dengan semangat itulah manusia menciptakan
impian yang lebih besar, berusaha memperoleh kemajuan-kemajuan serta
mencapai sukses. Elbert Hubbart pun menegaskan, “Nothing great has ever
been accomplished without enthusiasm. – Tidak ada satupun kemajuan
menakjubkan untuk diraih tanpa antusiasme.”

Semangat dapat terus ditingkatkan dengan mengisi setiap detik waktu kita
dengan kebiasaan-kebiasaan yang konstruktif. Kebiasaan-kebiasaan positif
itu diantaranya mendengar, membaca, berbicara dan bergaul dengan orang
yang positif. Jika seseorang dapat mempertahankan dan meningkatkan
semangat hidup dalam dirinya, maka sikapnya menjadi lebih terarah hingga
dapat menikmati hal-hal yang benar-benar menakjubkan di dunia ini.

Sikap yang benar-benar didasari oleh faktor-faktor spiritual, impian dan
antusiasme yang kuat pada kenyataannya selalu positif. Sikap positif itu
sendiri sangat mempengaruhi seseorang untuk dapat mengekplorasi seluruh
potensi diri dan meraih kesuksesan maupun kebahagiaan. Sikap ternyata yang
terpenting bagi kemajuan atau kebahagiaan Anda saat ini dan di masa-masa
yang akan datang. Oleh sebab itu dikatakan bahwa sikap adalah
segala-galanya – Attitude is Everything.

*Andrew Ho adalah salah satu motivator terbaik di Asia.
Submitted by William Wiguna [/html]

 SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Malang telah menjadi sekolah kejuruan yang berstandar internasional yang memiliki motto:

ATTITUDE IS EVERYTHING

yang sebelumnya memiliki motto yang tak kalah bagusnya, yaitu:

BUKTIKAN, KAMULAH YANG TERBAIK

Harapan Tentang Java Moklet

Saya baru di kelas 2 SMK ini mengenal bahasa pemrograman java , sebelumnya memang sering mendengar kata program java , namun tidak tahu seperti apa dan bagaimana membuat programnya .
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.

Sejarah perkembangan Java

Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.

Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven).

Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan Tv kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.

Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.

Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.

Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.

Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.

Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "Bapak Java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak lain sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java)


Kelebihan

Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek)  yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.
Perpustakaan Kelas Yang Lengkap,  Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
Pengumpulan sampah otomatis,  memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).


Kekurangan
Tulis sekali,  jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
Mudah didekompilasi.  Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform.  Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
Penggunaan memori yang banyak.  Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.


HARAPAN

 Karena saya sudah terjun ke dunia telekomunikasi seperti ini , mau tidak mau harus bergelut dengan berbagai program , terutama Java . Jadi mulai saat ini saya harus belajar mencintai pelajaran Java dan  berusaha untuk bisa walaupun tidak mudah .
Harapan saya kedepannya adalah dapat membuat Bahasa Pemrograman Java dengan mengembangkan bahasa pemrograman Java sebelum-sebelumnya yang mempunyai kelebihan lebih efektif dan efisien yang diberi nama Bahasa Pemrograman Java Moklet  .. Amiinn...

^_^

pemrogaman C++

C++ adalah bahasa pemrograman komputer C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding).Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading.Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.


Contoh Program C++

Contoh program sederhana C++ untuk hello world dengan menggunakan Pustaka Dasar C++ dapat dilihat di bawah ini:

#include <iostream>
int main()
{
std::cout << "hello world\n";
return 0;
}


Keterangan  :

Baris pertama :

#include <iostream.h>

Sebagai bagian dari proses kompilator, Kompilator dari c++ menjalankan program yang dinamakan preprosesor. Preprosesor memiliki kemampuan menambahkan dan menghapus kode dari sumber, Pada bagian #include memberitahuakan preprosesor untuk menyertakan kode dari iostream, Berkas iostream berisi deklarasi untuk berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh perangkat lunak, atau class-class yang dibutuhkan.

Baris kedua :

int main ()

Pernyataan ini mendeklarasikan fungsi utama, bahwa suatu program C++ dapat berisi banyak fungsi, yang harus selalu memiliki sebuah fungsi utama (main function), Fungsi adalah modul yang berisi kode-kode untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu. Kata Void menandakan fungsi main tidak bertipe.

Baris ketiga :

{

Kurung kurawal buka menandakan awal program.

Baris keempat :

std::cout << "Hello world\n";

Cout adalah sebuah object dari Pustaka perangkat lunak standart C++ yang digunakan untuk mencetak string ke piranti output standart, yang biasanya adalah layar komputer, Compiler menghubungkan kode dari pustaka perangkat lunak standar itu dengan kode yang telah ditulis untuk mendapatkan hasil executable, Tanda
\n


adalah format modifier yang digunakan untuk bergabti baris setelah menampilkan string, jika ada cout lain pada program tersebut, maka string yang menyertainya akan dituliskan pada baris bawahnya.Baris kelima:
}

Kurung kurawal tutup menandakan akhir program.

Kata yang dipesan (reserved words)

Kelompok pertama



C++ mempunyai 32 buah kata yang dipesan (reserved words), Kata kunci kelompok pertama merupakan turunan dari bahasa C, di antaranya

Kelompok kedua



Kata yang dipesan kelompok kedua berjumlah 30. Kata-kata ini adalah baru dan hanya ada di bahasa C++

Kata-kata yang dipesan tersebut di atas tidak boleh dipakai sebagai nama variable, class, enum, macro, dan struct.
Tipe data dasar



Untuk menyimpan suatu variabel diperlukan tempat khusus di dalam memori komputer, Besar dan tipe dari Variabel-variabel di dalam standar program C++ dispesifikasikan sebagai berikut.

Daftar C++ compiler

Untuk mengubah kode-kode C++ program menjadi suatu program aplikasi yang dimengerti oleh sistem operasi dan komputer, diperlukan sebuah kompilator C++. Berikut ini adalah beberapa kompilator C++ yang dapat digunakan secara gratis,
Microsoft Visual C++ 2005 Express
Turbo C++ Explorer
Apple Xcode for Mac OS X
Open Source Watcom / OpenWatcom C/C++ Compiler
Digital Mars C/C++ Compiler (Symantec C++ Replacement)
Bloodshed Dev-C++ C++ Compiler
Free Microsoft .NET Framework Software Development Kit (SDK) / Free Microsoft Visual C++ Compiler
Intel C++ Compiler for Linux Non-Commercial Version
Sun Studio Compilers and Tools
Open64 Compiler Tools
Apple's Macintosh Programmer's Workshop (C and C++ compilers)
TenDRA C/C++ Compiler
GNU C/C++ Compiler
Ch Embeddable C/C++ Interpreter (Standard Edition)
DJGPP C and C++ Compilers
CINT C and C++ Interpreter
SDCC C Cross-compiler
Cygwin Project (C & C++ Compilers)
SDCC C Cross-compiler


referensi  :  http://id.wikipedia.org/wiki/C%2B%2B 

Selasa, 26 Juli 2011

pemrograman Visual Basic

Microsoft Visual Basic .NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini, para programmer dapat membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line. Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Microsoft Visual C++, Visual C#, atau Visual J#), atau juga dapat diperoleh secara terpadu dalam Microsoft Visual Studio .NET. Bahasa Visual Basic .NET sendiri menganut paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat sebagai evolusi dari Microsoft Visual Basic versi sebelumnya yang diimplementasikan di atas .NET Framework. Peluncurannya mengundang kontroversi, mengingat banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Microsoft, dan versi baru ini tidak kompatibel dengan versi terdahulu.


Versi

Terdapat tiga buah versi Visual Basic yang dirilis hingga bulan Agustus 2007, yakni:
 
Visual Basic .NET 2002 (VB 7.0)

Versi pertama dari Visual Basic .NET adalah Visual Basic .NET 2002 yang dirilis pertama kali pada bulan Februari 2002. Visual Basic .NET 2002 merupakan sebuah bahasa pemrograman visual yang berbasis bahasa BASIC (sama seperti halnya Visual Basic 6.0, tetapi lebih disempurnakan dan lebih berorientasi objek), dan didesain untuk berjalan di atas Microsoft .NET Framework versi 1.0.

Versi 7.0 ini dirilis bersamaan dengan Visual C# dan ASP.NET. Bahasa C#, yang dianggap sebagai jawaban terhadap Java, mendapatkan perhatian yang lebih banyak dibandingkan dengan VB.NET yang kurang begitu banyak diulas. Hasilnya, sedikit orang di luar komunitas Visual Basic yang memperhatikan VB.NET. Versi pertama ini kurang mendapat sambutan yang bagus dari para programmer, dan pada saat itu, program berbasis Visual Basic 6.0 sedang marak-maraknya dibuat. Para programmer yang mencoba Visual Basic .NET untuk pertama kali akan merasakan bahwa Visual Basic .NET sangatlah berbeda dibandingkan dengan Visual Basic sebelumnya. Contoh yang paling mudah adalah runtime engine yang lebih besar 10 kali lipat dibandingkan Visual Basic 6.0, dan juga meningkatkan beban di memori.


Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1)

Selanjutnya, pada bulan Maret 2003, Microsoft pun merilis lagi versi yang lebih baru dari Visual Basic .NET, Visual Basic .NET 2003. Versi ini berisi beberapa perbaikan dibandingkan dengan versi sebelumnya, dan aplikasi yang dibuatnya dapat berjalan di atas .NET Framework versi 1.1. Fitur yang ditambahkan adalah dukungan terhadap .NET Compact Framework dan mesin wizard upgrade VB6 ke VB.NET yang telah ditingkatkan. Peningkatan yang lainnya adalah peningkatan pada performa dan keandalan dari Integrated Development Environment (IDE) Visual Basic itu sendiri, dan juga runtime engine.

Visual Basic .NET 2003 tersedia dalam beberapa jenis cita rasa: Professional, Enterprise Architect dan Academic Edition. Khusus untuk Visual Basic .NET 2003 Academic Edition, versi tersebut didistribusikan secara gratis untuk beberapa sekolah di dalam setiap negara; versi Professional dan Enterprise Architect 

Visual Basic 2005 (VB 8.0)

Setelah itu, Microsoft pun berkonsentrasi dalam mengembangkan Microsoft .NET Framework 2.0, dan tentunya alat bantu untuk membangun program di atasnya. Hingga pada tahun 2005, mereka pun merilis versi terbaru dari Visual Basic .NET, yang kali ini disebut dengan Visual Basic 2005 (dengan membuang kata ".NET"), bersama-sama dengan beberapa aplikasi pengembangan lainnya.

Untuk rilis 2005 ini, Microsoft menambahkan beberapa fitur baru, di antaranya adalah:
Edit and Continue
Fitur ini sebelumnya terdapat di dalam Visual Basic, akan tetapi dihapus di dalam Visual Basic .NET. Dengan keberadaan fitur ini, para programmer dapat memodifikasi kode pada saat program dieksekusi dan melanjutkan proses eksekusi dengan kode yang telah dimodifikasi tersebut.
Evaluasi ekspresi pada saat waktu desain
Munculnya Pseudo-Namespace "My", yang menyediakan:
Akses yang mudah terhadap beberapa area tertentu dari dalam .NET Framework yang tanpanya membutuhkan kode yang sangat signifikan.
Kelas-kelas yang dibuat secara dinamis (khususnya My.Forms).
Peningkatan yang dilakukan terhadap konverter kode sumber dari Visual Basic ke Visual Basic .NET.
Penggunaan kata kunci (keyword) Using, yang menyederhanakan penggunaan objek-objek yang membutuhkan pola Dispose untuk membebaskan sumber daya yang sudah tidak terpakai.
Just My Code, yang menyembunyikan kode reusable yang ditulis oleh alat bantu Integrated Development Environment (IDE) Visual Studio .NET.
Pengikatan sumber data (Data Source binding), yang mampu mempermudah pengembangan aplikasi basis data berbasis klien/server.

Fungsi-fungsi yang tersebut di atas (khususnya My) ditujukan untuk memfokuskan Visual Basic .NET sebagai sebuah platform pengembangan aplikasi secara cepat dan "menjauhkannya" dari bahasa C#.

Bahasa Visual Basic 2005 memperkenalkan fitur-fitur baru, yakni:
Bawaan .NET Framework 2.0:
Generics
Partial class, sebuah metode yang dapat digunakan untuk mendefinisikan beberapa bagian dari sebuah kelas di dalam sebuah berkas, lalu menambahkan definisinya di lain waktu; sangat berguna khususnya ketika mengintegrasikan kode pengguna dengan kode yang dibuat secara otomatis.
Nullable Type
Komentar XML yang dapat diproses dengan menggunakan beberapa alat bantu seperti NDoc untuk membuat dokumentasi secara otomatis.
Operator overloading
Dukungan terhadap tipe data bilangan bulat tak bertanda (unsigned integer) yang umumnya digunakan di dalam bahasa lainnya.
 
Visual Basic 9.0 (Visual Basic 2008)

Versi ini merupakan versi terbaru yang dirilis oleh Microsoft pada tanggal 19 November 2007, bersamaan dengan dirilisnya Microsoft Visual C# 2008, Microsoft Visual C++ 2008, dan Microsoft .NET Framework 3.5.

Dalam versi ini, Microsoft menambahkan banyak fitur baru, termasuk di antaranya adalah:
Operator If sekarang merupakan operator ternary (membutuhkan tiga operand), dengan sintaksis If (boolean, nilai, nilai). Ini dimaksudkan untuk mengganti fungsi IIF.
Dukungan anonymous types
Dukungan terhadap Language Integrated Query (LINQ)
Dukungan terhadap ekspresi Lambda
Dukungan terhadap literal XML
Dukungan terhadap inferensi tipe data.
dukungan terhadap 'LINQ'


Hubungan dengan Visual Basic klasik

Apakah Visual Basic .NET dianggap sebagai sebuah versi Visual Basic atau benar-benar bahasa yang berbeda merupakan sebuah topik perdebatan yang hangat. Hal ini dikarenakan sintaksis bahasa Visual Basic .NET tidak mengalami perubahan yang sangat drastis, dan hanya menambahkan beberapa dukungan fitur baru seperti penanganan eksepsi secara terstruktur dan ekspresi yang bisa di-short-circuit-kan. Dua perubahan tipe data pun terjadi saat berpindah ke Visual Basic .NET. Dibandingkan dengan Visual Basic 6.0, tipe data Integer yang dimiliki oleh Visual Basic .NET memiliki panjang dua kali lebih panjang, dari 16 bit menjadi 32 bit. Selain itu, tipe data Long juga sama-sama berubah menjadi dua kali lipat lebih panjang, dari 32 bit menjadi 64 bit. Bilangan bulat 16-bit dalam Visual Basic .NET dinamakan dengan Short. Lagi pula, desainer GUI Windows Forms yang terdapat di dalam Visual Studio .NET atau Visual Basic .NET memiliki gaya yang sangat mirip dengan editor form Visual Basic klasik.

Jika sintaksis tidak banyak yang berubah, lain halnya dengan semantik, yang berubah secara signifikan. Visual Basic .NET merupakan sebuah bahasa pemrograman yang mendukung fitur "Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek" secara penuh, karena memang didukung oleh arsitektur Microsoft .NET Framework, yang mengandung kombinasi dari Common Language Runtime dan Base Class Library. Visual Basic klasik, hanya merupakan sebuah bahasa pemrogaman berbasis objek, yang berjalan di atas arsitektur Component Object Model (COM).

Perubahan ini telah mengubah banyak asumsi tentang hal yang benar yang harus dilakukan dengan mempertimbangkan performa dan kemudahan untuk dipelihara. Beberapa fungsi dan pustaka perangkat lunak, yang ada di dalam Visual Basic klasik, kini tidak terdapat di dalam Visual Basic .NET; mungkin masih banyak yang masih terdapat di dalam Visual Basic .NET, tapi tidak seefisien apa yang ditawarkan oleh .NET Framework. Bahkan jika program Visual Basic klasik bisa dikompilasi dengan benar, sebagian besar program Visual Basic klasik harus melalui beberapa proses refactoring untuk mengadopsi fitur bahasa baru secara keseluruhan. Dokumentasi untuk ini pun tersedia di situs Microsoft


Contoh Pemrograman

Contoh program sederhana dalam bahasa Visual Basic .NET yang dipakai untuk menghitung jumlah pembayaran dari m_item buah barang dengan harga m_price per item ditambah 5% pajak penjualan:
.
Dim m_item, m_price, tax, total As double
 
m_item = double.Parse(textBox1.Text)
m_price = double.Parse(textBox2.Text)
tax = 0.05
total = m_item * m_price * (1 + tax)
label5.Text = total.ToString()
MessageBox.Show("Well Done.")


Berikut ini adalah contoh lain dari program Visual Basic yang menggunakan objek CheckBox dan ComboBox untuk menghitung jumlah kredit mata kuliah yang diambil oleh seorang mahasiswa (masing-masing mata kuliah = 3 kredit):

Dim total As Integer
total = 0 ' awal dari jumlah kredit total
If (CheckBox1.Checked = True) Then 'boleh memilih semua checkbox
total += 3
End If
If (CheckBox2.Checked = True) Then
total = total + 3
End If
If (CheckBox3.Checked = True) Then
total = total + 3
End If
If (ComboBox1.SelectedIndex = 0) Then 'hanya bisa memilih satu
total = total + 3
ElseIf (ComboBox1.SelectedIndex = 1) Then
total = total + 3
ElseIf (ComboBox1.SelectedIndex = 2) Then
total = total + 3
End If
Label3.Text = CStr(total) ' hasil kredit total yang diambil




referensi  :  http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic_.NET 

pemrograman java

Contoh program berikut ini pada dasarnya sama dengan contoh program sebelumnya. Hanya saja pada contoh kali ini, ditambahkan tombol Exit yang jika diklik program akan keluar.

Berikut ini tampilannya:


Berikut ini programnya:


01 import java.awt.*;
02
03 import java.awt.event.*;
04
05 import javax.swing.*;
06
07 public class ClickMe2 extends JFrame {
08
09 private JButton tombol, btnExit;
10
11 public ClickMe2() {
12
13 super ("Event Handling");
14
15 Container container = getContentPane();
16
17 container.setLayout(new FlowLayout());
18
19 ClickListener cl = new ClickListener ();
20
21 tombol = new JButton ("Click Me!");
22
23 tombol.addActionListener(cl);
24
25 container.add(tombol);
26
27 btnExit = new JButton ("Exit");
28
29 btnExit.addActionListener(cl);
30
31 container.add(btnExit);
32
33 setSize (200,100);
34
35 setVisible (true);
36
37 }
38
39 public static void main (String arg[]) {
40
41 ClickMe2 test = new ClickMe2();
42
43 test.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
44
45 }
46
47 //inner class
48
49 private class ClickListener implements ActionListener {
50
51 public void actionPerformed (ActionEvent e) {
52
53 if (e.getSource() == tombol) {
54
55 JOptionPane.showMessageDialog(null, "You click me again, guys !!!");
56
57 } else if (e.getSource() == btnExit){
58
59 JOptionPane.showMessageDialog(null, "See you, guys !");
60
61 System.exit(0);
62
63 }
64
65 }
66
67 }
68
69 }


Selamat mencoba, semoga bermanfaat


referensi  :  contohprogram.info

segala hal tentang moklet







SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Malang merupakan sekolah kejuruan milik Yayasan Sandhykara Putra Telkom yang identik dengan Dharma Wanita Telkom. Lahir pada tahun 1992, tepatnya pada 9 Juni. Kemudian mulai diresmikan oleh MENPARPOSTEL (alm) Soesilo Soedarman 25 September 1992.
Awalnya, gedung SMK TELKOM Sandhy Putra Malang ini beralamat di Jalan Kawi Malang, yang merupakan bekas gedung APDN (Akademi Pemerintahan Dalam Negeri) yang sekarang sudah berubah menjadi IPDN yang terpusat di satu tempat yaitu di Tangerang, Jawa barat. Kemudian, pindah ke Jalan Danau Ranau, Sawojajar, Malang, pada tahun 1994 dan diresmikan oleh Direktur Utama PT Telkom, waktu itu ialah Drs. Soeryanto P Santoso, MA.
SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Malang merupakan sekolah menengah kejuruan dengan:
  • Bidang Keahlian: Teknik Telekomunikasi
  • Program Keahlian: Teknik Informatika
yang memiliki konsentrasi pada tiga jurusan yaitu: Jaringan Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Multimedia.
Visi SMK Telkom Malang ialah “Menjadi lembaga pendidikan yang unggul di bidang informatika yang mampu menghasilkan lulusan bertaraf internasional”
Untuk meraih visi tersebut, SMK Telkom Malang memiliki misi:
  1. Meningkatkan profesionalisme lembaga melalui peningkatan sumber daya pendidikan di semua lini secara berkesinambungan.
  2. Melaksanakan sistem diklat berbasis Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 untuk meningkatkan kualitas lulusan yang memiliki kompetensi dan etos kerja berstandar internasional.
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan diklat.
SMK Telkom Malang memiliki tujuan:
  1. Menghasilkan lulusan yang kuat, cerdas, terampil, berbudi luhur, pantang menyerah, dan bertakwa kepada Tuhan YME.
  2. Membangun sumber daya unggul sebagai sarana bersaing lembaga di tingkat internasional.
Apa Sasarannya?
Dari sisi FINANSIAL:
  • Peningkatan efisiensi dan efektivitas biaya penyelenggaraan
  • Peningkatan jumlah pendapatan
  • Peningkatan Unit produksi/jasa
  • Peningkatan kualitas administrasi keuangan
Dari sisi KESISWAAN:
  • Peningkatan standar kelulusan
  • Peningkatan penyerapan lulusan
  • Peningkatan prakerin
Dari sisi PROSES INTERNAL BISNIS:
  • Peningkatan kualitas proses penerimaan siswa baru
  • Peningkatan kualitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
  • Peningkatan kualitas penyelenggaraan ujian sumatif, ujian akhir, project work
  • Peningkatan kualitas kurikulum melalui sinkronisasi dengan DU/DI
  • Penguatan pengelolaan dan administrasi sekolah
  • Peningkatan kualitas pengelolaan unit produksi/jasa
Dari sisi PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN:
  • Peningkatan kompetensi guru, baik guru normatif, adaptif, maupun produktif yang dibuktikan dengan sertifikasi
  • Pengembangan profesi kepala sekolah
  • Peningkatan kompetensi pegawai administrasi
SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Malang telah menjadi sekolah kejuruan yang berstandar internasional yang memiliki motto:
ATTITUDE IS EVERYTHING
yang sebelumnya memiliki motto yang tak kalah bagusnya, yaitu:
BUKTIKAN, KAMULAH YANG TERBAIK

 
template by suckmylolly.com